PELATIHAN PRAKTIK MENULIS BAIK: Guru PJOK tidak Hanya Dilapangan dan Meniup Peluit

0 Comments

Dr. Sapto Adi, M.Kes (Dekan FIK UM) saat memberi sambutan pembukaan pelatihan

Dekan fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes dengan antusias menyambut kehadiran para mantan mahasiwanya (alumni) yang sekarang sudah berkarir menjadi guru PJOK di wilayah Malang Raya. Sambutan yang hangat tersebut terjadi pada saat acara pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk guru PJOK yang dikomandani oleh Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd yang merupakan salah satu Profesor bidang olahraga yang sangat konsen pada evaluasi pembelajaran dan literasi.

Kegiatan pelatihan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 23-24 Agustus 2022 di Ruang seminar lantai 1 gedung C6 FIK UM Malang. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan FIK tersebut mendapatkan atensi yang cukup baik dari para peserta (alumni). Menurut A.S. Arif, S.Pd salah satu peserta mengatakan bahwa pelatihan penulisan karya ilmiah ini merupakan bentuk refreshing bagi para guru PJOK yang sudah lama tidak berkutat dengan tulisan ilmiah. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pelatihan penulisan ilmiah ini akan dijadikan start untuk menuliskan kegiatan pembelajaran dan sebagai sarana untuk sarat kenaikan pangkat para guru PJOK.

Dekan FIK saat memberikan prakata pembukaan juga memotivasi kepada para guru PJOK yang notabene pernah menuliskan karya ilmiah yaitu skripsi pada saat menempuh studi sarjana untuk tetap terus mengasah kemampuan menuliskan pengalaman mengajar, permasalahan serta memberi solusi dalam proses pembelajaran PJOK dalam bentuk tulisan ilmiah demi perbaikan pembelajaran PJOK kedepan.

Senada dengan Dekan FIK, Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd saat memberikan sambutan pada pembukaan memberikan penjelasan terkait dengan bagaimana memulai membuat tulisan ilmiah, beliau memberikan stimulus dengan meminta data evaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru PJOK, dari data tersebut tulisan ilmiah akan bisa dirangkai dan selanjutnya bisa dipublikasikan serta memberi manfaat kepada orang lain yang membaca.

Pelatihan penulisan karya ilmiah ini dihadiri lebih dari 25 guru PJOK dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Identifikasi permasalahan, metode penelitian, pembahasan sampai pada cara menggunakan menejemen referensi diberikan kepada para peserta. Dipandu oleh tiga dosen lain yaitu pak D.S.Yudasmara, Taufik dan N.R.Fadhli yang saling bahu membahu memberikan pendampingan terkait dengan penulisan karya ilmiah, proses pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa jenjang magister Pendidikan Olahraga yang tentunya sangat familiar dengan tulis menulis. Sehingga proses pelatihan dapat menghasilkan output berupa satu tulisan ilmiah yang ter-submit pada jurnal nasional.

Semoga kegiatan kolaborasi dengan alumni yang sekaligus juga sebagai mitra dari universitas seperti ini bisa terus terjalin, sehingga universitas dalam hal ini para dosen tidak hanya menjadi menara gading, tapi mampu memberikan nilai manfaat kepada masyarakat, begitulah pungkas Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd saat memberikan penutupan pelatihan penulisan ilmiah bagi Guru PJOK di Malang Raya.

oleh: TMFadiel (penulis pendahuluan)


Leave a Reply

%d bloggers like this: