LET’S MOVE : LATIHAN FISIK BAGI PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE-2

0 Comments

Diabetes milletus adalah gangungan yang terjadi karena metabolisme dalam tubuh. Pada penderita diabetes hormon insulin mengalami pengurangan jumlah sehingga glukosa tertimbun dalam darah dan terbuang melalui urin, diabetes tipe 2 adalah diabetes yang banyak diderita oleh orangtua, diabetes tipe 2 menyebabkan tubuh menjadi tidak peka pada insulin yang diproduksi oleh kelenjar pancreas yang mengakibatkan terjadi kelebihan insulin

Peningkatan kasus DM di Indonesia dapat disebabkan oleh perubahan gaya hidup masyarakat yaitu kurang berolah raga dan pola konsumsi yang kurang baik, sama dengan yang terjadi di beberapa negara lain di dunia. Peningkatan DM juga dapat terjadi karena peningkatan jumlah orang yang memiliki kelebihan berat badan, dan kurangnya aktivitas fisik. Penyakit ini dapat dicegah dengan diet sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menjaga berat badan normal dan menghindari penggunaan tembakau. Dengan melakukan aktifitas fisik yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan rangsangan gerak yang dapat meningkatkan atau mempertahankan fungsional tubuh yang meliputi kualitas daya tahan parujantung, kekuatan dan daya tahan otot, kelentukan dan posisi tubuh dapat memberi pengaruh bagi penderita diabetes dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Permasalahan yang terjadi di Kota Malang adalah kurangnya pengelolahan dan realisasi aktivitas fisik masyarakat untuk menyeimbangkan kondisi kehidupan yang terjadi di Kota Malang. Pentingnya olahraga untuk masyarakat dan pentingnya olahraga bagi penderita diabetes milletus tipe-2 untuk menyeimbangkan fungsi tubuh.   Berbagai pendapat tentang aktivitas fisik yang dilakukan oleh penderita diabetes, banyak pendapat yang mengira bahwa orang yang sakit tidak bisa atau tidak boleh melakukan olahraga, namun pada penderita diabetes olahraga sangat penting dilakukan agar kadar gula dapat menurun dan olahraga dapat menjadi pendamping pengobatan.

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Taufik S.Pd., M.Or melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan latihan kepada penderita diabetes melitus tipe-2 berserta anggota Dona Sandy Y,S.Pd.,M.Or dan Nurrul Riyad Fadhli, S.Pd., M.Or. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 17 september sampai 26 Oktober 2021.

Kegiatan terdiri dari dua tim yang dibagi menjadi 2 sesi dan dilakukan tiga kali dalam seminggu. Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut terdiri dosen dan tendik Universitas Negeri Malang. Latihan yang dilakukan terdiri dari weight training, body combat, aerobik dan HIIT. Latihan dilakukan selama 5 minggu yang terdiri dari 13 kali latihan terpogram dan sistematis. Latihan dipandu oleh pelatih yang mumpuni dibidangnya yaitu Eldiene, Devi, Sholeh dan Lave. Hasil dari latihan tersebut akan diberikan raport kepada masing-masing peserta.


Leave a Reply

%d bloggers like this: