PELATIHAN KONDISI FISIK ATLET SELAMA PANDEMI COVID 19

0 Comments

Performa fisik atlet harus tetap terjaga walaupun latihan dilaksanakan dirumah masing masing, pelaksanaan latihan fisik tetap harus melalui pendampingan oleh pelatih dikarenakan resiko yang tinggi jika tidak melalui pendampingan. Para pelatih harus mendapatkan pelatihan bagaimana merancang program latihan fisik dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip dan komponen latihan. Pelatih Harus mampu mendesain metode latihan fisik dengan metode online sesuai dengan kebutuhan atlet.

Kondisi fisik atlet memegang peranan yang sangat penting dalam program latihan. Program latihan kondisi fisik haruslah direncanakan secara baik dan sistematis yang ditujukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fungsional dari sistem tubuh sehingga dengan demikian memungkinkan atlet untuk mencapai prestasi yang baik. Dengan kondisi fisik yang baik maka: 1) Akan ada peningkatan dalam kemampuan sistem sirkulasi kerja jantung, 2) Akan ada peningkatan dalam kekuatan, kelentukan, stamina, kecepatan, dan lain-lain komponen kondisi fisik, 3)
Akan ada gerakan yang lebih baik pada waktu latihan, 4) Akan ada pemulihan yang lebih cepat dalam organ-organ tubuh setelah latihan, 5) Akan ada respon yang cepat dari organisme tubuh apabila sewaktu-waktu respon demikian diperlukan. 

melihat kebutuhan tersebut Dr. Imam Hariadi, M.Kes dan N.R Fadhli, S.Pd., M.Or selaku dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK Universitas Negeri Malang melakukan pelatihan kepada 30 pelatih untuk merancang latihan fisik secara on line. kegiatan ini dilakukan melalui daring dan luring selama dua hari yaitu pada tanggal 26-27 September 2020. kegiatan pelatihan ini memberikan bekal kepada pelatih bukan hanya tentang metode latihan fisik daring tetapi juga memberikan dasar-dasar teori dan pengetahuan tentang pembinaan kondisi fisik.


Leave a Reply

%d bloggers like this: