1507 Karateka Ikuti Kejurnas Karate ke-X di Kota Malang

0 Comments

Sebanyak 1507 Karateka mengikuti Kejurnas Karate ke-X yang digelar di Gor Ken Arok Kota Malang.

Ajang yang memperebutkan Piala Wali Kota Malang dan juga rektor Ikip Budi Utomo (IBU) digelar dari tanggal 23-24 November 2019.

Tak hanya karateka dari Indonesia saja yang mengikuti Kejurnas kali ini, tapi juga ada Karateka dari Brunei Darussalam.

Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Dr. Nurcholis menyampaikan, bahwa dalam Kejurnas Karate ke-X memiliki banyak kategori pertandingan.

Hal tersebut yang menjadi pembeda dari Kejurnas sebelumnya yang kategorinya hanya beberapa kelompok saja.

“Selain jumlah peserta yang menyebar di seluruh Indonesia, Kejurnas ini juga menjadi persiapan Karateka di tingkat Internasional,” ucapnya, Sabtu (23/11).

Dalam Kejurnas ini, tercatat ada 89 kelas dan 7 klasifikasi yang bakal dipertandingkan.

Di antaranya adalah kategori usia dini, pra-pemula, pemula, kadek, junior, under, sampai senior.

Mereka berebut untuk mendapatkan hadiah uang pembinaan senilai Rp 25 juta.

Melalui Kejurnas ini pula, Nurcholis berharap para peserta nantinya tidak mencari sebuah kemenangan.

Namun lebih kepada mencari pengalaman dan juga membentuk karakter dan mental dalam bertanding.

“Harapan kami ketika bertanding di ajang internasional mereka tidak kaget. Kami juga ingin melalui Kejurnas ini bisa melahirkan atlet-atlet yang dapat membawa nama harum Indonesia dan Kota Malang di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto yang membuka Kejurnas tersebut menyambut baik kejuaraan ini.Karena event ini dapat meningkatkan sektor pariwisata di Kota Malang.Untuk itu, dalam Kejurnas Karate ke-XI mendatang, Wasto meminta kepada Dispora Kota Malang agar event ini lebih bisa disemarakkan lagi.

“Kegiatan ini multiefeknya sangat tinggi. Dan dampaknya sangat signifikan. Apalagi nantinya banyak negara lain yang ikut. Itu sangat baik,” ucapnya.

Wasto berharap, melalui Kejurnas Karate ini dapat membentuk karakter dari anak-anak.Terutama dalam hal sportifitas dan mampu memberikan semangat pejuang yang tinggi dan gigih dalam bertanding.

“Semoga di event berikutnya promosinya lebih gencar. Karena event Kejurnas Karate ini dapat berdampak bagi Kota Malang sebagai kota destinasi wisata,” tandasnya.

Author By : DANANJAYA PANJI


Leave a Reply

%d bloggers like this: